Skip to main content

Pentingnya Partners’ Community Building Approach (PCBA) Bagi Pengembangan Cultural Heritage Tourism

Dalam pengembangan Pariwisata Warisan Budaya, hal yang menjadi fokus adalah masyarakat itu sendiri. Mengapa demikian? karena dalam destinasi budaya misalnya saja desa wisata, yang menjadi perhatian tourist adalah daily life, lifestyle, behaviour dan hal-hal berkaitan dengan kearifan lokal yang terdapat dalam suatu Destinasi Wisata.
Oleh karena itu pembangunan masyarakat sanagatlah penting agar tetap menjaga jati diri dan rasa memiliki identitas, serta menjadi kebanggaan masyarakat dalm hal ini yakni otentisitas daya tarik wisata. Selain itu, PCBA penting untuk pendekatan bottom line. Artinya, proses pengembangan tersebut harus mengikutsetakan masyarakat mulai dari proses awal hingga akhir, termasuk dalam pengambilan keputusan (Decision Maker). Jadi dalam prosesnya, masyarakat senantiasa dilibatkan agar tercipta lingkungan yang inclusivness, dimana setiap prosesnya selalu transparan, dan saling menghoramati serta berkelanjutan. 
Model Partners’ Community Building Approach (PCBA) ini sendiri bukan pendekatan baru dalam mengimplementasikan konsep Sustainable Tourim, mengingat sebelumnya terdapat model Community Based Development (CBD) kemudian diadopsi oleh ilmu pariwisata mejadi Community Based Tourism Development (CBTD).
Kemitraan (partnesthip) merupakan fokus utama dalam pengembangan pariwisata warisan budaya. Ditinjau dari model pendekatannya, pengembangan pariwisata warisan budaya terdiri dari tiga pendekatan yaitu conventional tourism, historic preservation, dan community building.
1.    Conventional Tourism. Pendekatan ini berfokus pada kewenangan (yuridiksi) pihak pemerintah dalam pengembangan pariwisata warisan budaya. Pemerintah berupaya membuat pariwisata masal yang berskala besar dengan mengundang pihak investor sehingga mendapatkan insentif berupa pajak (misal, PAD melalui pajak Hotel dan Restoran). Konsekuensinya, karena kewenangan birokrasi yang bekerjasama dengan investor tanpa mengkutiksertakan berbagai stakeholder terutama masyarakat lokal, maka proses pengembangan pariwisata warisan budaya tersebut memiliki dampak negatif seperti masalah sosial, kebocoran ekonomi dan degradasi lingkungan.
2.      Historic Preservation. berfokus pada pengembangan pariwisata warisan budaya yang sebisa mungkin menawarkan keaslian daya tarik wisata. Pendekatan ini juga fokus untuk menyediakan informasi yang rinci tentang produk wisata, fasilitas dan layanan sebagai atribut penawaran untuk menarik minat wisatawan mengujungi daya tarik wisata warisan budaya.

3. Community Building. Pendekatan ini bersifat bottom-line. Artinya, proses pengembangan tersebut harus mengikutsetakan masyarakat mulai dari proses awal hingga akhir termasuk dalam pengemabilan keputusan.  Dengan demikian, pengembangan pariwisata warisan budaya akan menumbuhkan rasa memiliki, semangat gotong royong, agar kemudian pengembangan tidak sepenuhnya diserahkan kepada privat sektor, melainkan bersinergi dan seimbang, sehingga kerjasama tidak bersifat oportunis, melainkan simbiosis mutulalisme.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disuimpulkan bahwa tiga pendekatan di atas berifat parsial tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya dalam proses partnership dalam pengembangan Cultural Heritage Tourism.

APRROACHES
COMMUNITY BUILDING APPROACH


CONVENTIONAL TOURISM



HISTORIC PRESERVATION



COMMUNITY BUILDING APPROACH


VALUES GUIDING COMMUNITY BUILDING
INCLUSIVENESS
TRANSPARENCY
TRUST
RESPECT

SUSTAINABILITY

Important value for community building processes: fairness and efficacy
The process must be transparent: people must interact according to agreed-upon and accepted rules and say what they mean.
People from many different backgrounds. In that sense, Trust is built throughout the process on the basis of the words, actions and deliberations of the participants
Respect is an acknowledgment of the equal dignity we have as complex, fallible and idiosyncratic human beings.
Community building project is sustainable depends on what happens after the funding stops, the project is over or project still on going.

Comments

Popular posts from this blog

Manusia mempunyai sifat yang ingin tahu tentang pariwisata, ingin tahu tentang apa; Mengapa muncul pelayanan pariwisata, dan apa gunanya pelayanan pariwisata yang baik?

             Dalam ilmu sosial (termasuk ilmu pariwisata) tidak ada kebenaran absolut. Sifat keingin tahuan disebabkan karena upaya para penstudi pariwisata untuk mencari kebenaran, keadilan, dan kebahagiaan sebagai suatu unsur hidup disiplin ilmu apapun di dunia ini. Kemuculan pelayanan pariwisata merupakan suatu posultat akan eksistensi bsinis leisure dan hospitality yang menjadi senjata utama pariwisata. Secara filosofis, pelayanan pariwisata   yang baik sebagaimana yang dimaksud merupakan salah satu unsur untuk memenuhi aspek aksiologi yang berkaitan dengan etika yaitu aspek baik dan buruknya suatu perilaku seseorang. Dengan demikian, pelayanan yang baik (quality of services) akan menghasilkan kepuasan layanan pada wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Bilamana wisatawan puas, sejalan dengan teori manajemen arus utama bahwa kepuasan layanan akan membuat konsumen (wisatawan) loyal. Milsalnya, loyalitas...

Persepsi tentang Teritorialitas Dalam Konteks Tourist Enviromental Behaviour

Persepsi tentang Teritorialitas Dalam Konteks Environmental Behaviour Kaitan privasi dengan teritorial adalah bahwa perlakuan untuk memperoleh privasi secara tidak langsung membentuk adanya penandaan teritory. Kembali pada persoalan binatang dan manusia, lebih jauh malah dinyatakan bahwa faktor budaya memainkan peranan penting dalam penandaan teritory manusia yang membedakan dengan teritori pada dunia binatang (David Stea,1965). Hal yang membedakan teritori binatang dan manusia adalah bahwa manusia masih bisa untuk melayani pendatang di wilayah teritorynya dengan beberapa pengecualian (karena adanya norma budaya yang mengatur), namun binatang akan mengusir siapapun yang melanggar wilayah teritorinya.   Dalam masalah mempertahankan teritorial ini ternyata bahwa semakin intensif ditunjukkan penandaan kepemilikan teritorial ini (misalnya dengan simbol, tanda) akan dapat mengurangi rangsangan vandalism atau serangan terhadap teritori tersebut, artinya timbul rasa hormat terha...

PERIODISASI DEFINISI TOURISM

PERIODISASI DEFINISI TOURISM TAHUN 1980-1990 PERIODE BY FORMULASI 1982 James J. Spillane Pariwisata adalah kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, mencari kepuasan, mengetahui sesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, menunaikan tugas, berziarah dan lain-lain. 1982 Mathieson dan Wall Pariwisata sebagai "gerakan sementara orang untuk tujuan di luar tempat kerja normal dan tempat tinggal, kegiatan yang dilakukan selama mereka tinggal di tujuan tersebut, dan fasilitas diciptakan untuk memenuhi kebutuhan mereka 1982 Mathieson dan Wall Mendefinisikan pariwisata sebagai serangkaian aktivitas berupa aktivitas perpindahan orang untuk sementara waktu ke suatu tujuan di luar tempat tinggal maupun tempat kerjanya yang biasa, aktivitas yang dilakukannya selama tinggal di tempat tujuan tersebut, dan kemudaha...