Manusia mempunyai sifat yang ingin tahu tentang pariwisata, ingin tahu tentang apa; Mengapa muncul pelayanan pariwisata, dan apa gunanya pelayanan pariwisata yang baik?
Dalam ilmu sosial (termasuk
ilmu pariwisata) tidak ada kebenaran absolut. Sifat keingin tahuan disebabkan
karena upaya para penstudi pariwisata untuk mencari kebenaran, keadilan, dan
kebahagiaan sebagai suatu unsur hidup disiplin ilmu apapun di dunia ini.
Kemuculan pelayanan pariwisata merupakan suatu posultat akan
eksistensi bsinis leisure dan hospitality yang menjadi senjata utama
pariwisata.
Secara filosofis, pelayanan
pariwisata yang baik sebagaimana yang dimaksud
merupakan salah satu unsur untuk memenuhi aspek aksiologi yang berkaitan dengan
etika yaitu aspek baik dan buruknya suatu perilaku seseorang. Dengan demikian,
pelayanan yang baik (quality of services) akan menghasilkan kepuasan layanan
pada wisatawan baik domestic maupun mancanegara.
Bilamana wisatawan puas, sejalan
dengan teori manajemen arus utama bahwa kepuasan layanan akan membuat konsumen
(wisatawan) loyal. Milsalnya, loyalitas Australian
people datang ke Bali meskipun pernah terjadi Bom Bali. Hal dikarenakan
pelayanan yang baik dilakukan semua unsur-unsur masyarakat atau stakeholder
yang bermai disektor pariwisata.
Saya menunggu postingan selanjut nya ,dan saya berharap di tulisan selanjut nya di ikutkan contoh nya juga ,agar bisa lebih memahami
ReplyDelete